Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

DONGENG

DONGENG

Pak Adi mempunyai tiga ekor ayam yang dirawatnya dengan sangat baik. Koko adalah ayam jantan yang gagah karena ia adalah ayam petarung. Ia punya tanduk di kakinya yang sangat kuat. Luri adalah ayam petelur. Telur-telur yang dihasilkannya sangat berkualitas baik. Chik-chik adalah ayam kecil mungil tapi dia memiliki bulu yang indah. Ia disebut sebagai ayam hias karena keelokan bulunya.
Koko, ayam jantan mulai bercerita tentang dirinya. Ia mengunggulkan dirinya sebagai ayam terbaik di peternakan Pak Adi. Ia merasa dirinya sangat hebat dan pemberani karena setiap di adu di selalu menang. Mendengar cerita itu si luri juga bercerita tentang telurnya yang berkualitas karena memiliki nilai jual tinggi. “Karena telur-telurku bisa dijual dengan harga mahal, pantas saja Pak Adi sangat merawat aku.”  Tidak mau kalah Chik-chik menyahutnya, “Dari pada kalian, aku lebih di sayang Pak Adi karena aku memiliki bulu yang indah dan setiap perlombaan aku menang. Kemarin bahkan aku difoto untuk cover majalah. Pak Adi jadi ikut terkenal karena jasaku.
Suatu hari Chik-chik mengalami rontok pada bulu-bulunya. Si Luri sudah tidak produktif lagi menghasilkan telur. Koko mengalami patah pada tanduk di kakinya sehingga tidak bisa bertarung lagi. Ketika mereka bertemu kembali, Koko, Luri, dan Chik-chik hanya diam dan saling memandang. Mereka tersadarkan akan kesombongan mereka di masa lalu. Apapun kelebihan kita, jangan memakainya untuk menyombongkan diri.

Parasit & Epifit

Benalu dan tali putri adalah jenis tanaman yang sangat menjengkelkan, hidup mereka suka menumpang pada tumbuhan lain. Tidak hanya sekedar menumpang, tumbuhan itu juga suka menghisap zat makanan yang terdapat pada tumbuhan yang ditumpanginya akibatnya tumbuhan yang ditumpanginya lama-kelamaan akan menjadi kering lalu mati. Tumbuhan yang merugikan ini disebut tumbuhan parasit.
Eh, ternyata tidak semua tumbuhan yang menumpang itu merugikan, lho! Contohnya tanaman anggrek, paku sarang burung dan paku tanduk rusa. Meski mereka hidup menumpang pada tumbuhan lain tapi tidak menghisap zat makanan dari tanaman yang ditumpanginya, jadi tidak merugikan. Makanan yang diperoleh dari debu, batang yang membusuk atau sisa-sisa bagian tumbuhan yang telah mati. Jenis tanaman ini sering di sebut tumbuhan epifit.
Tumbuhan parasit dan epifit bisa kita ibaratkan seperti teman. Teman ada yang memberi pengaruh baik ada yang memberi pengaruh buruk. Bertemanlah denan banyak orang tanpa pilih-pilih dari kalangan miskin atau kaya. Dengan berjalannya waktu kalian akan memahami teman yang baik adalah teman yang memberi pengaruh baik dengan terus mengajak kalian berbuat baik dan dekat dengan Tuhan. Sedangkan teman yang buruk adalah teman yang memberi pengaruh buruk, contohnya suka berkata kotor, mengajak mencicipi rokok, membolos sekolah dan segala perbuatan dosa lainnya.
 Pandai-pandailah memilih teman atau pergaulan, agar tidak terjebak dalam pergaulan yang jahat. Mendekatlah terus kepada Tuhan sebab Tuhan adalah pokok anggur yang benar dan kamu ranting-rantingnya, di luar Tuhan kita tidak dapat berbuat apa-apa.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar