Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Awal Mula Munculnya Kacamata dan Perkembangannya

Awal Mula Munculnya Kacamata dan Perkembangannya

Kacamata, selain untuk membantu penglihatan, tentunya juga dapat menjadi fashion yang membuat kita sebagai pemakainya menjadi makin gaya. Tetapi sebenarnya dari mana awal mula adanya kacamata yang banyak dipakai sekarang ini, ilmuwan dan filsuf asal Inggris bernama Roger Bacon yang berjasa menemukan lensa pertama kali pada tahun 1260. Fungsi lensa tersebut hanya untuk membaca produksi batu solid yang terbuat dari gelas berbentuk bundar dan dipoles menjadi batu yang kemudian digunakan untuk melihat. Kemudian pada tahun 1285-1289 rahib dan perajin di Venesia mulai memproduksi kacamata. Tetapi desain awal kacamata ini ternyata masih menimbulkan banyak masalah karena hanya terdiri  dari frame dasar lensa dan hidung jembatan penghubung antar lensa, sehingga tidak bisa menopang kacamata dengan sempurna.
Setelah penemuan tersebut, kacamata pun berkembang dengan pesat dari tahun ke tahun. Pada awal abad ke-19, dikenal kacamata hitam yang awalnya hanya sebagai kacamata pelindung untuk udara dingin dengan warna amber. Kemudian anak-anak muda di zaman itu mulai gandrung dengan lensa berwarna. Brand-brand ternama seperti Dolce & Gabbana dan Cutler’n Gross pun mengeluarkan kacamata model ini terutama saat musim panas. Lalu pada tahun 1930-1940-an, para wanita pun memakai kacamata hitam hanya untuk keperluan olahraga dan bermain ski.
Sekitar sepuluh tahun kemudian, barulah kacamata mulai menjadi simbol para artis terkenal seperti Grace Kelly, Ava Gardner dan Audrey Hepburn yang muncul dalam film Go Lightly At Tiffany’s. Tetapi ada satu selebritis yang paling terkenal  dengan kacamata hitamnya, yaitu Jackie Onassis yang bahkan memunculkan tren kacamata tersendiri yang dikenal sebagai model Jackie O. Kacamata dengan model melebar ke samping hingga ke tulang pipi yang bergaya retro vintage.
Pada tahun 1950-an, kacamata hitam yang sebenarnya berfungsi untuk melindungi terik matahari tetapi pada era tersebut malah digunakan di malam hari oleh para pengunjung di berbagai jazz club New York, London, dan Paris. Tidak hanya itu, di era ini juga dikenal model frame kacamata ‘cat eye’ yang dipopulerkan kembali oleh penyanyi Lisa Loeb.
Sekitar tahun 1960-an, gaya kacamata granny glasses seperti yang dipakai oleh John Lennon mulai mewabah. Begitu pula dengan kacamata besar yang dipakai guru pop art Andy Warhol.
Akhirnya pada tahun 2008 lalu adalah kacamata Kanye West yang dikenal dengan model shade shutter. Kacamata berdetail garis-garis yang unik ini bisa dibilang merupakan salah satu hot fashion.
 Sumber :
Majalah GADIS Edisi No: 09 XXXVI 27 Maret – 6 April 2009

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar